Tuesday, December 2, 2014

Cara Jitu Membasmi kutu Busuk (Tinggi/Bangsat)



Pusing ingin menghilangkan kutu busuk di rumah yang semakin merajalela? Kutu busuk (tinggi) merupakan salah satu serangga yang bisa mengusik kenyamanan tinggal di rumah. Kenapa? Karena serangga ini mirip seperti nyamuk, yakni menyedot darah manusia sebagai makanannya. Rata-rata kutu busuk dewasa mampu menghasilkan 5 butir telur setiap harinya. Jadi, jangan heran ketika Anda menjumpai salah satu hewan ini di rumah, maka sebenarnya ada puluhan kutu busuk lainnya yang sedang bersembunyi.
Pada umumnya, kutu busuk biasa menghisap darah manusia saat malam. Malam hari adalah waktunya manusia beristirahat dan tertidur dengan tenang, sehingga mereka lebih leluasa dalam memperoleh nutrisinya. Tetapi, kebiasaan ini juga tergantung pada bagaimana siklus Anda berbaring di kamar tidur. Sebab, entah siang atau malam, jika mereka mencium aroma darah, maka mereka akan langsung berlomba-lomba mendekati dan menghisapnya.
Berhati-hatilah, kutu busuk tidak hanya berdiam di kamar tidur. Mereka bisa menyebar ke ruangan lain dengan cara menempelkan diri ke tubuh Anda. Kutu busuk yang menempel kemudian akan hinggap di kursi tamu atau kursi kerja, tergantung Anda membawanya. Bahkan tidak ragu mereka juga akan mendiami jok mobil Anda.
Kutu busuk hampir tidak mungkin menularkan penyakit atau virus ke tubuh manusia. Perasaan gatal dan nyaman saat digigit olehnya inilah yang membuat kutu busuk harus dimusnahkan. Selain itu, ruangan yang terdapat kutu busuk juga biasanya ada noda bercak berwarna hitam bekas kotorannya sehingga membuat tampilan ruangan terkesan jorok.
selanjutnya akan dibahas tujuh cara membasminya:
1. Kulit Durian/Buah Asam Jawa/Daun Mindi
Untuk Anda yang menyukai cara alami, kulit durian, buah asam jawa segar, atau daun mindi bisa menjadi obat pembasmi kutu busuk. Taruhlah salah satu dari ketiga bahan ini di bawah ranjang. Aroma yang ditimbulkannya sangat dibenci kutu busuk dan membuatnya pergi.
2. Campuran Minyak Tanah dan Kapur Barus
Cara kedua adalah Anda bisa memakai minyak tanah yang telah dicampur kapur barus. Tumbuk kapur barus sampai halus. Lalu campurkan ke dalam minyak tanah. Aduk sampai merata. Oleskan cairan ini pada sela-sela kasur, ranjang, dan tempat lain yang dirasa menjadi sarang kutu busuk. Campuran kedua bahan ini mampu mematikan kutu dan telurnya.
3. Memakai Obat anti serangga (obat nyamuk semprot)
Karena berfungsi untuk mematikan serangga, maka obat nyamuk semprot juga bisa digunakan sebagai pembasmi kutu. Semprotkan seluruh permukaan kasur dengan obat ini secara merata. Jangan lupa, bagian ranjang atas dan bawahnya juga. Biasanya sudut ranjang yang tersembunyi menjadi tempat favorit serangga yang satu ini.
4. Mengecat Furnitur
Furnitur yang diduga menjadi sarang kutu busuk bisa Anda musnahkan dengan cara mengecat kembali permukaannya. Proses mengecat membuat Anda harus teliti dalam melapisi seluruh permukaan furnitur yang terserang kutu. Gunakan juga bantuan kuas berukuran kecil agar cat bisa digoreskan di sela celah-celah papan yang sempit.
5. Vacum Cleaner/Penyedot Debu Bertenaga Kuat
Bagi Anda yang memiliki vacum cleaner di rumah, Anda bisa memanfaatkan tenaga maksimalnya untuk menyedot kutu busuk sampai ke telurnya. Selain penggunaannya yang cukup mudah, cara ini juga memungkinkan Anda sekalian bersih-bersih ruangan. Cuma Anda harus melakukannya dengan sabar di seluruh sudut rumah.
6. Menggunakan Hair Drier/Pengering Rambut
Seperti kita ketahui, hair drier mengeluarkan udara panas. Hawa panas inilah yang digunakan untuk mematikan kutu busuk serta telurnya. Perlu Anda ketahui, mematikan kutu busuk dengan cara memencet hanya akan mematikan induknya saja. Sedangkan telurnya masih bisa terus berkembang biak. Oleh karena itu, mematikannya dengan memakai udara panas bisa menjadi solusi yang tepat. Berhati-hatilah saat melakukan prosedur ini, jika Anda kurang waspada bisa menghanguskan permukaan furnitur.
7. Kapur Ajaib
Keajaiban kapur yang satu ini memang sangat ampuh untuk membasmi serangga. Tidak hanya semut dan kecoa saja, bahkan kutu busuk pun dibuat tewas olehnya. Adapun cara menggunakannya sama dengan yang lain, goreskan kapur di tempat-tempat yang dilalui oleh kutu busuk, seperti di celah, dan di sudut sarangnya. Kutu yang terkena oleh kapur, cepat atau lambat pasti akan mati.

Semoga bermanfaat. salam a51do

No comments:

Post a Comment