Tuesday, December 2, 2014

TANAMAN PARASIT / BENALU

Tanaman Benalu
Benalu (loranthus) merupakan jenis tumbuhan yang hidupnya tidak memerlukan media tanah. Ia hidup sebagai parasit yang menempel pada dahan-dahan pohon kayu lain dan memiliki akar isap yang mampu mengisap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Akar benalu mampu menancap pada batang tumbuhan yang hidup, kemudia mengisap sari-sari makan pada tumbuhan itu.
Dengan demikian, batang tumbuhan itu akan kehilangan sari makannya dan akhirnya mati. Benalu ini tergolong tumbuhan parasit (parasitisme). Benalu tumbuh pada dahan tumbuhan dengan perantara burung. Benalu memiliki buah-buah kecil, apabila sudah masak rasanya manis. Buah inilah yang dimakan burung-burung kecil lalu ditelan bersama bijinya. Pada saat burung itu membuang kotoran, biji benalu akan ikut keluar bersama kotoran burung. Apabila biji benalu itu melekat pada dahan, maka biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Kita bisa melilhat benalu pada tumbuhan di sekitar kita seperti pohon mangga, rambutan, advokad dan belimbing
Pohon yang ditempeli benalu akan mati. Bunga benalu berkelamin tunggal dan biji buahnya mengandung getah.Jenis tumbuhan ini berkembang biak melalui satwa atau burung yang memakan biji benalu tersebut. Kemudian, biji menjadi menyebar dan menempel pada batang pohon yang lain.
Klasifikasi :
  • Kingdom      : Plantae
  • Divisi           : Magnolyophyta
  • Kelas          : Magnoliopsida
  • Ordo           : Santales
  • Famili         : Laranthaceae
  • Genus        : Loranthus
Rahasia Benalu
Meski benalu ini bisa menyebabkan pohon atau tumbuhan yang ditempelinya mati, tetapi benalu tetap memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Bisa dikatakan kasiatnya sangat luar biasa.
Beberapa penyakit berat seperti kanker atau tumor bisa saja terobati dengan tumbuhan ini. Penyakit ringan seperti amandel dan campak juga bisa disembuhkan tumbuhan yang memiliki beberapa nama di daerah.
Misalnya, untuk jenis Camellia sinensis, yang berasal dari famili theaceae, berdasarkan pengalaman dapat digunakan sebagi obat anti kanker. Benalu yang menempel pada jeruk nipis, jenis Citrus aurantifolia, digunakan untuk ramuan obat amandel. Beberapa jenis benalu lain dipercaya juga bisa menyembuhkan campak.
aplikasi sebagian kegunaan benalu untuk membantu penyembuhan dari:
1. Tumor dan Kanker


Bahan                             : 1-2 batang benalu yang menempel pada 1 pohon teh dan 1 batang                                                  rumput alang-   alang, adas palawaras secukupnya.

Cara Membuat              : semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian                                            disaring.

Cara menggunakan      : diminum 1 kali sehari setengah gelas.

2. Amandel
Bahan                              : 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis,
                                            adas palawaras secukupnya.
Cara Membuat               : kedua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai
                                            mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan       : diminum 1 kali sehari setengh gelas.

3. Campak
Bahan                                : 1-2 batang benalu adas pulasari secukupnya.
Cara Membua                  : kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai
halus.
Cara menggunakan         : digunakan sebagai bedak bagi yang kena campak.

Tetapi Belum tentu setiap penyakit bisa sembuh, karna kesehatan hanya milik Tuhan, kita hanya bisa berdoa dan berserah serta berusaha untuk konsultasi ke dokter terkait.

Hail Yeah A.5.1.D.O

(red. dikutip dari berbagai sumber)